Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Buat ID Card Pakai Photoshop

ID card artinya adalah kartu identitas. Dalam sebuah ID card biasanya terdapat beberapa data diri dari pemegang kartu. Nama jelas ada, lalu data-data lain tergantung jenis ID card tersebut. Jika untuk perusahaan bisa nomor pegawai, kerja di bagian apa dan lain-lain.

Setelah berbagi tentang cara membuat jadwal pelajaran bergambar kali ini ilmupediakuH akan menjelaskan tutorial cara buat ID card pakai Photoshop. Kenapa pakai Photoshop? Karena mudah, gampang diikuti dan hasilnya bagus.

Silakan ikuti tutorial ini dengan teliti agar langsung bisa. Jika mengetahui cara buat ID card pakai Photoshop tentu akan banyak berguna. Malah juga bisa menghasilkan uang jika ada yang memesan.

Langkah Buat ID Card

1. Buka aplikasi Photoshop dan buatlah lembar kerja baru dengan cara tekan CTRL+N pada keyboard. Ubah ukuran menjadi 85 x 55 mm dengan resolusi 300 pixel/cm


 
2. Lalu buat persegi panjang dengan Rectangle Tool (U). Tentang pemilihan warna ID card tentukan yang paling pas dengan jenis kartu.

 
3. Ada warna merah di bagian atas itu untuk penempatan logo. Pilih jenis dan ukuran logo sesuai selera.


4. Berikutnya upload foto, biasanya adalah foto resmi atau pas foto. Gunakan Ellipcital Marquee Tool (M) untuk menyeleksi foto.

5. Kembalikan area seleksi dengan car menekan CTRL+SHIFT+I pada keyboard untuk membalikan area seleksi. Hapus foto-foto yang akan dibuang dengan delete. Mestinya tampilan kurang lebih berubah menjadi begini.

 6. Sekarang saatnya menyeret foto terpilih ke lembar kerja tempat ID card pada langkah awal di atas.

 
7.  Gunakan fitur Horizontal Type Tool (T) untuk mengetik data-data terkait ID card yang kita buat. Nama, nomor apa gitu, bagian, dan lain-lain.

Selesai sudah tutorial cara buat ID card pakai Photoshop kali ini. Gambar screen shoot yang sudah cukup banyak semoga semakin mempermudah dalam memahami dan mempraktekkan. Tutorial cara buat ID card ini juga cocok bagi bapak ibu guru untuk murid-muridnya. Misalnya saat Latihan Dasar Kepemimpinan ( LDK) OSIS, ketika ada seminar, pelatihan dan sebagainya. Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Buat ID Card Pakai Photoshop"